Layanan Registrasi Mahasiswa

Pedoman Layanan

Berikut adalah prosedur registrasi mahasiswa pada setiap semester awal perkuliahan. Proses registrasi mahasiswa disesuaikan dengan masa studi normal atau tidak. Masa studi normal dimaksud sesuai dengan aturan akademik di atas.

A. Mahasiswa dengan masa studi masih dalam masa studi normal
1. Mahasiswa dalam batas masa studi normal, membayar uang kuliah melalui multipayment via bank mitra.
2. Bagi mahasiswa yang gagal melakukan pembayaran atau melakukan pembayaran di luar jadwal registrasi, maka mahasiswa melakukan verifikasi pembayaran ke bagian keuangan dengan membawa bukti pembayaran.
3. Mahasiswa login ke aplikasi registrasi online.
4. Mahasiswa mengisikan kuisioner kepuasan mahasiswa terhadap layanan institusi.
5. Mahasiswa meng-input matakuliah sesuai dengan yang ditawarkan secara online.
6. Mahasiswa dan dosen wali melakukan konsultasi perwalian dan menetapkan matakuliah yang diambil (dosen wali melakukan approval).
7. Jika tidak ada jadwal bentrok, mahasiswa dapat langsung melakukan pencetakan Kartu Studi Mahasiswa (KSM).
8. Jika masih ada jadwal yang bentrok, mahasiswa berkonsultasi ke dosen wali untuk pindah kelas/tukar matakuliah akibat bentrok jadwal kuliah. Proses ini akan mengulang proses peng-inputan matakuliah. Dosen wali menyetujui matakuliah yang diambil.
9. Mahasiswa mencetak KSM dan jadwal kuliah secara online sesuai jadwal yang ditentukan.
10. Apabila cetak KSM belum dilakukan hingga batas akhir pencetakan online, maka cetak KSM dilakukan di Layanan Akademik Fakultas dengan dikenakan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku.

B. Mahasiswa dengan masa studi di atas masa studi normal
1. Mahasiwa login ke aplikasi registrasi online. Mahasiswa mengisikan kuisioner kepuasan mahasiswa terhadap layanan institusi.
2. Mahasiswa menginput MK sesuai dengan yang ditawarkan secara online.
3. Mahasiswa dan dosen wali melakukan konsultasi perwalian dan menetapkan mata kuliah yang diambil.
4. Jika terdapat matakuliah yang bentrok, mahasiswa berkonsultasi ke dosen wali untuk pindah kelas/tukar MK akibat bentrok jadwal kuliah.
5. Dosen wali menyetujui matakuliah yang diambil.
6. Mahasiswa membayar uang kuliah melalui multipayment via bank mitra.
7. Bagi mahasiswa yang gagal melakukan pembayaran atau melakukan pembayaran di luar jadwal registrasi, maka mahasiswa melakukan verifikasi pembayaran ke bagian keuangan dengan membawa bukti pembayaran.
8. Mahasiswa mencetak KSM sendiri secara online sesuai jadwal yang ditentukan, disertai jadwal kuliah dan jadwal ujian.
9. Apabila cetak KSM belum dilakukan hingga batas akhir pencetakan online, maka cetak KSM dilakukan di Bagian Pelayanan Akademik (BPA) dengan dikenakan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *