Jalur-Jalur Seleksi

Aturan Akademik

(1) Penerimaan mahasiswa baru program sarjana dilaksanakan pada setiap tahun akademik, yaitu melalui jalur-jalur seleksi berikut:
a. Jalur Prestasi Akademik (JPA)
b. Jalur Afirmasi
c. Jalur Kemitraan

(2) Jalur Prestasi Akademik (JPA) adalah jalur seleksi yang tujuan utamanya adalah untuk memeratakan penjaringan calon mahasiswa terbaik dari sekolah menengah di seluruh Indonesia. Jalur seleksi ini didasarkan pada nilai rapor siswa-siswa SMA/MA/SMK kelas XII dari semester 1 hingga semester 5, dengan ketentuan sebagai berikut:
a. Nilai rapor untuk seleksi pada program studi eksakta adalah dari mata pelajaran Fisika, Matematika, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia.
b. Penilaian JPA juga didasarkan pada indeks peringkat sekolah dari data pemerintah atau prestasi belajar alumni yang telah menjadi mahasiswa ITTelkom Surabaya dalam empat tahun terakhir (Indeks Prestasi Hasil Belajar Mahasiswa rata-rata alumni dari masingmasing SMA/MA/SMK).
c. Kepada mahasiswa baru dari lulusan seleksi JPA dikenakan pembayaran biaya pendidikan normal seperti yang berlaku untuk mahasiswa baru dari lulusan seleksi Ujian Tulis sebagaimana pada Pasal 33.

(3) Jalur Afirmasi adalah jalur khusus untuk warga negara Indonesia yang berasal dari Indonesia Bagian Timur untuk mengupayakan pemerataan pendidikan di Indonesia.

(4) Jalur Kemitraan adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa yang didukung oleh kerjasama dengan perusahaan atau institusi yang menjadi mitra dengan ITTelkom Surabaya.

(5) Jalur-jalur seleksi pada jenjang program studi Sarjana diselenggarakan untuk penerimaan mahasiswa baru pada setiap awal tahun akademik (awal semester ganjil).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *