Responsi dan Mentoring

Aturan Akademik

(1) Responsi adalah kegiatan pembelajaran terstruktur pada program pendidikan akademik yang dibimbing oleh dosen atau asisten yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman materi kuliah melalui latihan soal, diskusi, atau kegiatan terbimbing lainnya.

(2) Mentoring adalah kegiatan pembelajaran terstruktur pada program pendidikan akademik yang dibimbing oleh asisten atau pihak yang ditunjuk yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman materi kuliah melalui latihan soal, diskusi, atau kegiatan terbimbing lainnya.

(3) Responsi untuk matakuliah 3 SKS dijadwalkan selama 50 menit per minggu atau 100 menit per dua minggu, dan untuk matakuliah 4 SKS dijadwalkan selama 100 menit per minggu, dengan penjadwalan yang diatur kemudian.

(4) Untuk matakuliah dengan 2 SKS diberikan responsi atau mentoring berdasarkan urgensi kebutuhan yang ditetapkan pada rancangan kurikulum dan silabus matakuliah, dengan total waktu maksimal adalah ½ dari jumlah pertemuan kuliah.

(5) Jika dibantu asisten, maka materi dan tugas-tugas untuk responsi diberikan atau dikoordinasikan oleh dosen pengampu mata kuliah, dengan lingkup yang diupayakan mengarah kepada studi kasus/pekerjaan tim.

(6) Kegiatan pembelajaran dan penilaian dari kegiatan responsi wajib dilaporkan kepada dosen pengampu matakuliah sesuai waktu yang ditetapkan dan menjadi bagian penilaian kelulusan mata kuliah yang dikompilasikan dengan hasil penilaian dari hasil kegiatan-kegiatan lainnya.

(7) Ketentuan aturan yang lebih rinci mengenai teknis dan prosedur pelaksanaan responsi untuk setiap jenjang program dan jenis pendidikan maupun bidang keilmuan diatur dalam rancangan dan implementasi kurikulum masing-masing program studi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *