Kewajiban Lulus Ujian Kecakapan Bahasa Asing untuk Persyaratan Kelulusan Studi

Aturan Akademik

(1) Kewajiban Lulus Ujian Kecapakapan Bahasa Asing untuk Persyaratan Kelulusan Studi adalah persyaratan skor minimum kecapakan bahasa lnggris yang wajib dipenuhi oleh mahasiswa ketika melaksanakan pendaftaran Sidang Tugas Akhir.
(2) Persyaratan nilai minimum kecakapan bahasa lnggris setiap jenjang program studi seperti dinyatakan dalam Pasal 19 tentang evaluasi kelulusan studi Sarjana adalah 450.
(3) Pemenuhan persyaratan kecakapan bahasa lnggris untuk kelulusan studi sebagaimana pada Ayat (2) ditunjukkan oleh keterangan resmi tentang skor kecapakan bahasa lnggris TOEFL ITP atau EPrT (English Profiency Test) dari Pusat Bahasa ITTelkom Surabaya.
(4) Keterangan kecapakan bahasa lnggris pada Ayat (3) dapat dianggap berlaku untuk persayaratan pendaftaran Sidang Tugas Akhir apabila memiliki umur tidak lebih dari 2 (dua) tahun hingga tanggal pendaftaran sidang dilakukan.
(5) Jika mahasiswa tidak dapat memenuhi ketentuan persyaratan kecakapan minimal bahasa lnggris pada Ayat (2), maka persyaratan tersebut dapat ditambahkan permohonan permakluman dari Dosen Pembimbing yang dilampiri hasil ujian kecakapan bahasa dengan skor di bawah ketentuan minimal dari sebanyak 3 (tiga) kali ujian dengan jarak waktu antarujian paling cepat 1 (satu) bulan, sehingga kelulusan mahasiswa tersebut tidak dapat diberikan predikat kelulusan “dengan pujian” (cumlaude).
(6) Persyaratan kecakapan bahasa lnggris dapat digantikan dengan kecakapan bahasa asing lain dari Iembaga bahasa dan skor yang setara dengan ketentuan minimal pada Ayat (2), yang diakui oleh Pusat Bahasa ITTelkom Surabaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *