Kewajiban Publikasi Karya Akhir untuk Persyaratan Kelulusan Studi

Aturan Akademik

(1) Ketentuan umum karya dan publikasi ilmiah untuk kelulusan studi adalah sebagai berikut:
a. Karya ilmiah yang dipublikasikan untuk memenuhi persyaratan kelulusan studi di ITTelkom Surabaya merupakan laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian, kajian yang telah dilakukan pada tahap akhir studi pada program pendidikan akademik, dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan dan etika publikasi yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan.
b. Karya ilmiah terdiri atas: (i) Tugas Akhir dan (ii) penciptaan karya.
c. Tugas Akhir merupakan karya akhir mahasiswa yang berbentuk karya ilmiah dan berbentuk hasil penelitian yang disusun menurut kaidah keilmuan di bawah pengawasan atau pengarahan dosen pembimbing.
d. Penciptaan karya merupakan perwujudan konsep dan ide berdasarkan teori teori yang telah diterima oleh Mahasiswa selama melaksanakan tugas perkuliahan. Penciptaan karya dapat disebut juga dengan karya akhir.
e. Artikel publikasi ilmiah, adalah artikel yang bersumber dari Tugas Akhir atau penciptaan karya akhir yang dipublikasikan pada jurnal ilmiah nasional ber-ISSN, proceeding seminar internasional, jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional.
f. Karya ilmiah atau karya akhir merupakan tugas mahasiswa tingkat akhir yang telah menyelesaikan jumlah Satuan Kredit Semester (SKS) dengan nilai minimal sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh program studi.
(2) Publikasi karya ilmiah ditujukan untuk:
a. Membangun budaya positif di lingkungan ITTelkom Surabaya, yaitu:
i. Budaya membaca; menumbuhkan minat membaca bagi mahasiswa dan dosen,
ii. Budaya menulis; memotivasi minat menulis mahasiswa dan dosen,
iii. Budaya jujur, membangun budaya jujur yaitu anti plagiat,
iv. Budaya berbagi; membiasakan diri untuk mempublikasikan karya ilmiah,
v. Budaya menghargai orang Iain; mengapresiasi karya orang lain dan
vi. Budaya analitis; menumbuhkan kemampuan analitis.
b. Menampung hasil-hasil penelitian dan atau konsep ilmiah dalam disiplin ilmu tertentu.
(3) Kriteria Publikasi karya akhir progam S1 di Iingkungan ITTelkom Surabaya
a. Umum
i. Memenuhi kaidah ilmiah, memuat Iatar belakang, rumusan masalah, pemecahan masalah, dukungan teori mutakhiran, kesimpulan dan rekomendasi;
ii. Substansi masalah harus relevan dengan bidang ilmu yang terkait dengan Program Studi.
b. Khusus
i. Publikasi yang telah ber-ISSN,
ii. Karya akhir yang dipublikasi, telah direview di internal prodi baik oleh Dosen Pembimbing.
(4) Mekanisme Kewajiban Publikasi llmiah
a. Mekanisme kewajiban publikasi ilmiah program S1 meliputi tahapan berikut:
i. Draft Tugas Akhir dan draft artikel publikasi ilmiah yang telah diperiksa dan disetujui Pembimbing diserahkan ke sekretariat program sebanyak rangkap tiga.
ii. Pembimbing dan Penguji berkewajiban menelaah draft Tugas Akhir serta menyampaikan hasil koreksi tersebut secara tertulis kepada mahasiswa pada saat ujian Tugas Akhir.
iii. Mahasiswa mengakomodasi masukan pembimbing dan penguji baik dalam draft Tugas Akhir maupun artikel publikasi ilmiah. Hasil revisi tersebut perlu memperoleh pengesahan dari Penguji dan Pembimbing melalui form revisi.
iv. Mahasiswa mengumpulkan artikel publikasi ilmiah dan keterangan bebas plagiat.
v. Dosen Pembimbing memberikan persetujuan pada Tugas Akhir dan artikel publikasi yang dikumpulkan oleh Mahasiswa sebagaimana poin iv.
(5) Penyerahan bukti cetakan penerbitan artikel publikasi ilmiah dalam jurnal internasional terindeks ke sekretariat program studi merupakan syarat untuk pengambilan ijazah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *