Tugas Akhir Sarjana

Aturan Akademik

(1) Tugas Akhir (TA) adalah karya tulis ilmiah dari hasil penelitian yang disusun oleh seorang mahasiswa program sarjana sebagai salah satu syarat penyelesaian Pendidikan di tingkat sarjana (S1) di lingkungan ITTelkom Surabaya.
(2) Tugas Akhir terdiri atas dua mata kuliah, yaitu Metode Penelitian dan Pengembangan (2 SKS) dan Tugas Akhir (4 SKS). Tugas Akhir dilaksanakan pada semester terakhir masa studi yang merupakan kelanjutan dari Metode Penelitian dan Pengembangan pada semester sebelumnya. Metode Penelitian dan Pengembangan beserta Tugas Akhir merupakan kesatuan kegiatan akademik yang berkelanjutan selama 2 (dua) semester.
(3) Keluaran suatu Tugas Akhir dapat berupa hasil penelitian serta pemecahan masalah yang dihadapi atau produk yang dilakukan secara sistematis melalui kegiatan analisis, yang dilaporkan dalam Karya Tulis Ilmiah.
(4) Pelaksanaan Tugas Akhir dapat dilakukan secara mandiri maupun berkelompok.
(5) Tugas Akhir berkelompok paling banyak terdiri dari 5 (lima) orang mahasiswa.
(6) Pada Tugas Akhir berkelompok, setiap anggota mengambil judul yang merupakan bagian dari satu tema besar dan membuat laporan masing-masing dengan memperlihatkan keterkaitan antar anggota kelompok.
(7) Pembimbing Tugas Akhir terdiri dari Pembimbing I dan Pembimbing II dengan persyaratan mengacu pada ketentuan standar dan regulasi nasional Pendidikan, yaitu:
a. Pembimbing I adalah dosen yang minimal berpendidikan S2 (Magister) dengan jabatan
akademik minimal Asisten Ahli (AA) pada bidang keahlian yang linier dengan Program Studi.
b. Pembimbing II adalah dosen yang minimal berpendidikan S2 (Magister) dengan jabatan akademik minimal Asisten Ahli (AA) dengan bidang keahlian linier/mendukung topik Tugas Akhir, atau dapat berasal dari praktisi/industri dengan pendidikan S2 dan pengalaman kerja minimal 5 tahun atau 5 tahun setelah menempuh pendidikan S2 pada bidang yang sesuai dengan topik Tugas Akhir dan disetujui oleh Program Studi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *