Ujian Reguler, Persyaratan Mengikuti Ujian, Ujian Susulan dan Ujian Khusus

Aturan Akademik

(1) Evaluasi pembelajaran kegiatan akademik perkuliahan dilakukan dalam bentuk ujian.
(2) Ujian reguler dilaksanakan secara terjadwal, terdiri dari Ujian Tengah Semester (UTS) yang diselenggarakan pada pertengahan semester dan Ujian Akhir Semester (UAS) pada akhir semester.
(3) Mahasiswa wajib mengikuti kegiatan akademik dengan kehadiran minimal sebesar 80% untuk dapat mengikuti Ujian Akhir Semester.
(4) Ujian wajib diikuti oleh mahasiswa sesuai dengan jadwal dan ruangan yang telah ditetapkan untuk setiap matakuliah, sesuai yang tercantum pada Kartu Ujian.
(5) Pada setiap pelaksanaan ujian, mahasiswa wajib membawa Kartu Tanda Mahasiswa yang berlaku dan Kartu Ujian yang juga digunakan untuk pencatatan keikutsertaan ujian.
(6) Ujian Susulan diberikan kepada mahasiswa yang tidak bisa mengikuti Ujian Tengah Semester dan/atau Ujian Akhir Semester dengan alasan:
a. sakit dengan surat keterangan rawat inap rumah sakit,
b. menunaikan tugas yang diberikan oleh ITTelkom Surabaya atau negara.
c. berhalangan ikut ujian UTS atau UAS karena alasan yang dapat diterima Institusi (mendapat musibah, dikuatkan dengan surat keterangan dari yang berwenang),
d. tidak dapat mengikuti ujian atas ijin ITTelkom Surabaya.
(7) UTS Susulan dilaksanakan secara terjadwal dua minggu setelah UTS berakhir.
(8) UAS Susulan dilaksanakan secara terjadwal satu minggu sebelum batas akhir pengunggahan Daftar Nilai Akhir (DNA).
(9) Persyaratan dan pelaksanaan Ujian Khusus diatur sebagai berikut:
a. Ujian Khusus adalah evaluasi belajar untuk suatu mata kuliah tertentu yang dilaksanakan di luar evaluasi belajar reguler atas keputusan Dekan Fakultas dengan mempertimbangkan rekomendasi Sidang Akademik berdasarkan permohonan dari mahasiswa karena kondisi tertentu yang disampaikan melalui Dosen Wali.
b. Melalui Ujian Khusus nilai mata kuliah seorang mahasiswa dapat diubah sesuai dengan hasil ujian khusus dan harus mengambil mata kuliah yang bersangkutan.
c. Ujian Khusus dapat diberikan kepada mahasiswa paling banyak satu matakuliah per tingkat dan tidak dapat dikumulatifkan pada tingkat tertentu.
d. Nilai maksimum Ujian Khusus adalah C.
(10) Dalam melaksanakan ujian, mahasiswa wajib menaati seluruh aturan ujian sesuai dengan sifat ujian, wajib menjunjung tinggi kejujuran akademik, serta dilarang keras untuk melakukan segala bentuk kecurangan akademik.
(11) Segala bentuk pelanggaran terhadap aturan ujian maupun kecurangan akademik dapat menyebabkan mahasiswa dikenakan sanksi akademik dan sanksi pemberhentian studi sesuai ketentuan aturan yang berlaku di ITTelkom Surabaya.
(12) Prosedur pelaksanaan teknis ujian diatur dalam ketentuan tersendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *