Ketentuan Pemberlakuan dan Transisional

Aturan Akademik

(1) Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkannya dan dapat ditinjau kembali apabila telah dipandang perlu untuk mengikuti perkembangan kebutuhan Institusi serta jika terjadi perubahan peraturan perundangan nasional yang perlu disesuaikan.

(2) Ketentuan tentang Standar Penilaian Pembelajaran, Harkat Indeks Nilai Mata Kuliah, Indeks Prestasi dan Kuota Beban Studi Semester sebagaimana pada Pasal 19 dan Pasal 20 mulai diberlakukan untuk penilaian perkuliahan Semester Ganjil Tahun Akademik 2018/2019.

(3) Untuk ketentuan-ketentuan tentang:
a. Predikat lulusan dan persyaratan khusus untuk lulus dengan predikat Dengan Pujian (Excellent/Cumlaude) sebagaimana pada pasal 20.
b. Kewajiban publikasi karya akhir sebagaimana pada pasal 26, dan
c. Kecakapan Bahasa asing untuk persyaratan kelulusan studi sebagaimana pasal 27,
d. Gelar akademik sebagaimana pasal 28.

(4) Ketentuan pembayaran Biaya Penyelenggaraan Pendidikan bagi mahasiswa yang telah melampaui masa studi normal sebagaiman pada pasal 33 ayat (4) dan (5).

(5) Ketentuan kewajiban pembayaran biaya status bagi mahasiswa yang melaksanakan cuti akademik sebagaimana pasal 40 ayat (8) dan ketentuan pembayaran bagi mahasiswa mangkir registrasi sebagaimana pada pasal 41 ayat (7) diberlakukan pada registrasi untuk tahun akademik terdekat setelah diberlakukannya keputusan ini dan untuk semester-semester selanjutnya. Untuk registrasi sebelum berlakunya ketentuan tersebut, maka diberlakukan ketentuan lama sebagaimana yang berlaku pada masing-masing fakultas.

(6) Hal-hal yang belum ditetapkan dalam Keputusan ini akan diatur melalui keputusan tersendiri.

(7) Hal-hal yang bertentangan dengan ketentuan yang telah ditetapkan dalam Keputusan ini dinyatakan tidak berlaku lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *