Layanan Kerja Praktik

Pedoman Layanan

Prosedur ini merupakan pedoman pelaksanaan proses kegiatan kerja praktek, mekanisme pelaksanaan kerja praktek di lapangan, dan proses pembimbingan kerja praktek mahasiswa Institut Teknologi Telkom Surabaya.

Kerja Praktek adalah mata kuliah yang memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan motorik melalui praktek kerja langsung di luar kampus (instansi Pemerintah maupun swasta) yang didasarkan pada bidang keahlian mahasiswa di institut Teknologi Telkom Surabaya. KP memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengimplementasikan ilmu-ilmu yang telah diperoleh dan merupakan wujud relevansi antara ilmu yang telah diperoleh di perkuliahan dengan dunia kerja.

Syarat Pelaksanaan Kerja Praktek :

  1. Sudah dinyatakan lulus Tingkat II
  2. Sudah Lulus matakuliah minimal 90 SKS
  3. Minimal IPK 2,50.

Berikut adalah tahapan Layanan Kerja Praktik:

  1. Mahasiswa melaksanakan survei/penjajakan lokasi KP dengan membawa surat pengantar survey (bagi yang survey offline) dan BA survey lokasi KP. Form BA survey lokasi dapat diunduh disini. Jika dilakukan dengan metode online, maka hanya menggunakan BA survey dengan lampiran bukti survey (baik screenshot chat atau email yang mengindikasikan kegiatan survey). Permohonan surat pengantar survey ke BPA melalui google form https://ittsby.id/suratpengantarsurvey.
  2. Apabila Mahasiswa yang tidak memperoleh lokasi KP maka ditentukan oleh Fakultas masing-masing, kemudian menyusun dan mengumpulkan proposal. Template proposal KP dapat diunduh disini.
  3. Mahasiswa melaporkan hasil survey lokasi KP dan melakukan konsultasi pembuatan proposal KP dengan Pembimbing Akademik.
  4. Pembimbing Akademik menandatangani berita acara survey lokasi KP dan proposal KP.
  5. Mahasiswa mengajukan pembuatan surat permohonan KP ke BPA melalui google form https://ittsby.id/SuratPermohonanKerjaPraktik dengan melampirkan KSM, KTM, Transkrip Nilai, CV Mahasiswa, berita acara survey lokasi, dan proposal KP. Contoh CV Mahasiswa dapat diunduh disini.
  6. BPA akan mengeluarkan surat permohonan KP kepada mahasiswa yang mengajukan dalam waktu 3 hari kerja.
  7. Mahasiswa menyerahkan surat permohonan KP ke instansi yang dituju dilampiri proposal KP serta surat penerimaan / penolakan pengajuan KP. Form Surat Penerimaan/Penolakan Pengajuan KP dapat diunduh disini.
  8. Selanjutnya surat penerimaan / penolakan pengajuan KP diserahkan ke BPA untuk diteruskan ke fakultas.
  9. Jika terjadi penolakan maka proses Kembali ke poin 2.
  10. Fakultas mengumumkan jadwal KP dan Ujian Presentasi KP (UPKP).
  11. Dosen pembimbing melakukan pembekalan KP kepada mahasiswa. Pada pembekalan KP mahasiswa menandatangani dokumen Pakta Integritas Kerja Praktek. Dokumen Pakta Integritas KP dapat diunduh disini.
  12. Mahasiswa melaksanakan KP. Berikut kegiatan yang dilaksanakan selama kegiatan KP :
    a. Orientasi lingkungan di tempat kerja praktek.
    b. Membuat perencanaan kegiatan selama kerja praktek, mempelajari  hal-hal yang berkaitan dengan kompetensi program studi dan membantu pekerjaan baik yang telah ditetapkan oleh perusahaan maupun yang telah direncanakan di proposal.
    c. Mengisi lembar kendali pembimbing lapangan (eskternal) dan  pembimbing akademik (internal) terkait penugasan yang diberikan. Lembar kendali pembimbing akademik dapat diunduh disini dan lembar kendali pembimbing lapangan dapat diunduh disini.
    d. Senantiasa melakukan konsultasi dengan pembimbing lapangan dan pembimbing akademik terhadap aktivitas KP.
    e. Mengumpulkan data-data maupun informasi yang diperlukan untuk membuat laporan KP.
  13. Pembimbing Lapangan membimbing dan memantau mahasiswa KP
  14. Mahasiswa membuat laporan KP. Template Laporan KP dapat diunduh disini.
  15. Pembimbing lapangan memberikan penilaian. Form penilaian pembimbing lapangan dapat diunduh disini.
  16. Mahasiswa mendaftar UPKP ke BPA dengan melampirkan laporan KP dan nilai pembimbing lapangan dengan mengakses link https://ittsby.id/PendaftaranUPKP.
  17. Mahasiswa presentasi laporan KP ke pembimbing akademik dan dosen penguji dengan jadwal yang telah ditentukan oleh fakultas untuk selanjutnya diberikan penilaian dan revisi. Form penilaian pembimbing akademik dapat diunduh disini dan form penilaian dosen penguji dapat diunduh disini.  
  18. Mahasiswa melakukan revisi sesuai lembar revisi dari tim penguji baik internal maupun eksternal (jika bersedia hadir).
  19. Mahasiswa mengumpulkan dokumen KP yang telah disahkan oleh pembimbing dan penguji ke BPA berupa softcopy dan hardcopy. 
  20. Mahasiswa akan mendapatkan Berita Acara Serah Terima hasil KP dengan melampirkan dokumen berikut :
    a. Buku Laporan Akhir KP dalam bentuk hard copy
    b. Surat Keterangan telah melaksanakan KP dari instansi tempat KP
    c. Form penilaian pembimbing akademik
    d. Form penilaian pembimbing lapangan
    e. Laporan KP dan hasil KP bentuk softfile yang diupload ke repository
  21. Pembimbing akademik merekap nilai dan mengunggah nilai ke iGadis. 
  22. Fakultas mengirimkan ucapan terima kasih, mohon KP mendatang dan ijin unggah laporan KP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *