Layanan Pengunduran Diri Mahasiswa

Pedoman Layanan

Prosedur ini mendefinisikan kegiatan, tugas dan tanggung jawab mahasiswa, dosen wali, layanan akademik, unit administrasi akademik, Kaprodi, Dekan, Direktur Akademik, dan Warek 1 dalam pelaksanaan pengajuan pengunduran diri mahasiswa mulai dari proses pengisian form surat pengajuan pengunduran diri mahasiswa, konsultasi, rekomendasi, pengajuan surat bebas tunggakan dan bebas peminjaman, penyerahan surat pernyataan pengunduran diri, pendisposisian permohonan mengundurkan diri, penyiapan dan penerbitan keputusan rektor u.p. Warek 1 pengunduran diri, serta pengarsipan surat pengunduran diri.
1. Mahasiswa berkonsultasi dan meminta persetujuan kepada dosen wali
2. a. Mahasiswa mendatangi LAA dan meminta form surat pernyataan undur diri.
b. Mahasiswa mengisi form surat pernyataan undur diri yang ditujukan kepada BPA yang telah ditandatangani sebelumnya oleh orang tua/wali, mahasiswa ybs, dosen wali, dan Kaprodi serta dinyatakan bebas dari seluruh kewajiban keuangan dan peminjaman buku.
c. Bagi mahasiswa yang belum lulus tahap persiapan Bersama (TPB, Tingkat I) wajib ditandatangani oleh Kepala BPA.
3. a. Kaprodi memeriksa berkas undur diri dan meminta daftar nilai akhir hasil studi mahasiswa yang akan mengundurkan diri ke layanan akademik fakultas.
b. Menyerahkan seluruh berkas kepada Dekan Fakultas
4. a. Dekan menerima dan menyetujui berkas undur diri dari mahasiswa ybs.
b. Menyerahkan berkas ke LAA yang kemudian akan dibuatkan nota dinas permohonan undur diri kepada BPA.
5. Membuat nota dinas permohonan undur diri yang telah ditanda tangani oleh Dekan dan diserahkan kepada BPA.
6. Kepala BPA menerima nota dinas permohonan undur diri mahasiswa dari LAA untuk kemudian dibuatkan draft keputusan rektor tentang undur diri.
7. a. BPA menyiapkan draft surat keterangan dan keputusan rektor tentang undur diri.
b. BPA mengirimkan berkas surat pengunduran diri ke Warek I untuk ditandatangani.
8. Warek I mengesahkan surat keterangan dan keputusan rektor tentang undur diri serta mengembalikan kembali berkas undur diri ke BPA.
9. a. BPA menerima pengesahan berkas undur diri dari Warek I untuk kemudian menyerahkan keputusan rektor serta surat keterangan mutasi kepada mahasiswa yang mengajukan undur diri.
b. BPA mengirimkan surat feedback copy/ SK undur diri & mutasi untuk dilakukan pemutakhiran data oleh LAAK Fakultas mahasiswa yang melakukan undur diri.
10. LAA melakukan pemutakhiran data pada aplikasi akademik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *