Layanan Magang

Pedoman Layanan

Prosedur ini merupakan pedoman pelaksanaan proses kegiatan Magang, mekanisme pelaksanaan Magang di lapangan, dan proses pembimbingan Magang, Mahasiswa Institut Teknologi Telkom.

Magang adalah bagian dari pelatihan kerja untuk menghasilkan mahasiswa yang kompeten di bidangnya, tidak hanya diperlukan teori saja namun juga praktik langsung di lapangan. Program Magang di Institut Teknologi Telkom Surabaya dapat diselenggarakan dalam bentuk skema Magang BUMN maupun skema Magang non-BUMN (secara mandiri). Keduanya dikelola oleh Fakultas dan Program Studi yang dibantu oleh bagian CDC (Carreer Development Center). Melalui magang, mahasiswa diberi kesempatan bekerja di sebuah perusahaan dengan melaksanakan tugasnya secara profesional sesuai jam kerja kantor (minimal 8 jam/hari, 5 hari/minggu). 

Berikut Merupakan Alur Magang :
1. Mahasiswa yang mengikuti Magang adalah mahasiswa Program S1 yang sudah dinyatakan lulus Tingkat II, dan lulus matakuliah minimal 90 SKS dengan IPK ≥ 2,75.
2. Bagian CDC membuka pendaftaran Program Magang.
3. Mendaftar dan mengumpulkan berkas pendaftaran ke Bagian CDC saat dibuka pendaftaran program magang. Untuk skema Magang BUMN, Bagian CDC secara aktif mencari informasi magang melalui Forum Human Capital Indonesia (FHCI) dan berkoordinasi dengan fakultas dan prodi terkait peserta magang dari ITTS. Untuk skema Magang mandiri, Bagian CDC secara aktif mencari informasi  magang langsung dari perusahaan/instansi yang membutuhkan dan berkoordinasi dengan fakultas dan prodi terkait peserta magang dari ITTS. Berkas pendaftaran yang perlu disiapkan adalah:
a. Kartu Hasil Studi / Transkrip Nilai
b. Curriculum Vitae (CV)
c. Pakta Integritas
d. Proposal magang untuk skema magang mandiri
e. Surat Keterangan Kelakuan Baik dari Perguruan Tinggi
f. Surat Izin Magang dari Perguruan Tinggi
g. Surat Rekomendasi dari Kaprodi
4. Bagian CDC mengirim berkas pendaftaran Magang ke Instansi yang akan dituju untuk pelaksanaan Program Magang.
5. Instansi menentukan jumlah dan nama peserta program Magang dan mengirim surat daftar nama peserta Magang ke Bagian CDC.
6. Bagian CDC mengumumkan peserta magang.
7. Mahasiswa melihat pengumuman Magang. Mahasiswa meminta arahan dosen wali jika status pengajuan magang diterima berdasarkan pengumuman dari Bagian CDC.
8. Dosen wali mengusulkan konversi SKS dari program magang dengan mengisi Form Usulan SKS sebagai dasar pertimbangan dengan persetujuan kaprodi.
9. Fakultas menetapkan konversi SKS, serta menetapkan tim pembimbing internal dalam bentuk SK
10. Mahasiswa mengikuti pembekalan yang diselenggarakan oleh Bagian CDC.
11. Mahasiswa melaksanakan Program Magang di Instansi tempat magang dan melaporkan kegiatan magang kepada Pembimbing Akademik pada Form Lembar Kendali Pembimbing Lapangan.
12. Melakukan asistensi dengan Pembimbing Akademik minimal tiga kali dicatat pada Form Monitoring Asistensi Magang, khususnya terkait topik khusus yang akan dibahas dalam Laporan Magang.
13. Selama pelaksanaan magang mahasiswa dibimbing oleh pembimbing lapangan dan mendapatkan penilaian dari pembimbing lapangan dengan form penilaian pembimbing lapangan. Mahasiswa meminta Surat Keterangan telah melaksanakan Magang dari instansi tempat Magang
14. Mahasiswa mendaftar Seminar Magang ke Bagian Pelayanan Akademik dengan melampirkan laporan Magang dan nilai pembimbing lapangan dengan mengakses link https://ittsby.id/DaftarSeminarMagang.
15. Mahasiswa presentasi laporan Magang ke pembimbing akademik dan dosen penguji dengan jadwal yang telah ditentukan oleh fakultas untuk selanjutnya diberikan penilaian. Penilaian menggunakan Form Penilaian Pembimbing Akademik dan Form Penilaian Dosen Penguji
16. Mahasiswa melakukan revisi sesuai lembar revisi dari tim penguji baik internal maupun eksternal (jika bersedia hadir).
17. Mahasiswa mengumpulkan dokumen Magang yang telah disahkan oleh pembimbing dan penguji ke BPA berupa softcopy dan hardcopy.
18. Mahasiswa akan mendapatkan Berita Acara Serah Terima hasil Magang dengan melampirkan dokumen berikut :
a. Laporan Akhir Magang dalam bentuk hard copy
b. Surat Keterangan telah melaksanakan Magang dari instansi tempat Magang
c. Form penilaian pembimbing akademik.
d. Form penilaian pembimbing lapangan.
e. Laporan Magang dan hasil Magang bentuk soft file yang diupload ke repository
19. Pembimbing akademik merekap nilai dan mengunggah nilai ke iGadis.
20. Bagian CDC mengirimkan ucapan terima kasih, mohon Program Magang mendatang dan laporan hasil Magang.

Semua Formulir dan Template bisa diunduh disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *