Bab 2 Kebijakan Seleksi Mahasiswa Baru

BAB II KEBIJAKAN SELEKSI MAHASISWA BARU
Pasal 3 Tujuan dan Asas Seleksi

(1) Seleksi mahasiswa baru ditujukan untuk menghasilkan masukan proses pendidikan dengan kualifikasi sesuai program studi yang dituju dan memenuhi ambang batas ukuran yang menjamin kesuksesan dalam menempuh studi sampai lulus.
(2) Seleksi Mahasiswa Baru ITTelkom Surabaya harus dilaksanakan dengan memberlakukan Asas-Asas berikut:
a. Menganut Good University Governance (GUG), yaitu transparency, accountability, responsibility, independency, dan fairness.
b. Kelulusan seleksi dilakukan berdasarkan penilaian yang objektif murni terhadap terlampauinya kriteria yang ditetapkan.
(3) Dengan tetap memberlakukan Asas-Asas sebagaimana pada Ayat (2) dan tujuan seleksi mahasiswa baru pada Ayat (1), seleksi mahasiswa baru ITTelkom Surabaya memperhatikan pemerataan kesempatan akses pendidikan tinggi bagi para mahasiswa baru, tanpa membedabedakan suku, agama, ras, golongan, dan gender.
(4) Dengan memberlakukan asas-asas sebagaimana pada Ayat (2) diatas, maka dalam pelaksanaan kegiatan seleksi mahasiswa baru berlaku asas-asas pada penyelenggaraan ITTelkom Surabaya, yaitu:
a. tidak melakukan pembohongan publik,
b. menerapkan rasa hormat dan kesantunan kepada masyarakat sebagai konsumen,
c. menyatakan secara tegas pada media resmi bahwa tidak memungut biaya selain yang tercantum dalam pengumuman,
d. menerima laporan jika terjadi pungutan selain yang tercantum pada pengumuman,
e. melindungi tahap-tahap dan bagian-bagian dari proses kegiatan seleksi yang rawan harus dijamin dan dilindungi oleh suatu Pakta Integritas.
(5) Kuota penerimaan mahasiswa baru pada masing-masing program studi dari setiap jalur seleksi untuk setiap Tahun Akademik ditetapkan melalui Keputusan Rektor.
6) Seleksi Mahasiswa Baru ITTelkom Surabaya menyediakan alokasi kuota penerimaan bagi masyarakat yang kurang mampu tetapi memenuhi persyaratan akademik, yaitu pada jalur seleksi penerimaan mahasiswa berbeasiswa, baik yang didukung oleh sumber pendanaan eksternal maupun dari sumber pendanaan internal.

Pasal 4 Persyaratan Seleksi Mahasiswa Baru

(1) Untuk keseluruhan program studi sarjana, di ITTelkom Surabaya, peserta seleksi berasal dari lulusan SMA/MA dan Pondok Pesantren atau pendidikan khusus lainnya yang telah mendapatkan pengakuan penyetaraan dari Pemerintah dan/atau SMK yang memiliki kelinieran bidang keilmuan dengan program studi yang dituju.
(2) Bidang keilmuan program pendidikan peserta seleksi yang linier dengan bidang keilmuan program studi yang dituju ditentukan oleh ITTelkom Surabaya.

Pasal 5 Jalur-Jalur Seleksi

(1) Penerimaan mahasiswa baru program sarjana dilaksanakan pada setiap tahun akademik, yaitu melalui jalur-jalur seleksi berikut:
a. Jalur Prestasi Akademik (JPA)
b. Jalur Afirmasi
c. Jalur Kemitraan
(2) Jalur Prestasi Akademik (JPA) adalah jalur seleksi yang tujuan utamanya adalah untuk memeratakan penjaringan calon mahasiswa terbaik dari sekolah menengah di seluruh Indonesia. Jalur seleksi ini didasarkan pada nilai rapor siswa-siswa SMA/MA/SMK kelas XII dari semester 1 hingga semester 5, dengan ketentuan sebagai berikut:
a. Nilai rapor untuk seleksi pada program studi eksakta adalah dari mata pelajaran Fisika, Matematika, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia.
b. Penilaian JPA juga didasarkan pada indeks peringkat sekolah dari data pemerintah atau prestasi belajar alumni yang telah menjadi mahasiswa ITTelkom Surabaya dalam empat tahun terakhir (Indeks Prestasi Hasil Belajar Mahasiswa rata-rata alumni dari masingmasing SMA/MA/SMK).
c. Kepada mahasiswa baru dari lulusan seleksi JPA dikenakan pembayaran biaya pendidikan normal seperti yang berlaku untuk mahasiswa baru dari lulusan seleksi Ujian Tulis sebagaimana pada Pasal 33.
(3) Jalur Afirmasi adalah jalur khusus untuk warga negara Indonesia yang berasal dari Indonesia Bagian Timur untuk mengupayakan pemerataan pendidikan di Indonesia.
(4) Jalur Kemitraan adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa yang didukung oleh kerjasama dengan perusahaan atau institusi yang menjadi mitra dengan ITTelkom Surabaya.
(5) Jalur-jalur seleksi pada jenjang program studi Sarjana diselenggarakan untuk penerimaan mahasiswa baru pada setiap awal tahun akademik (awal semester ganjil).

Pasal 6 Penetapan Keputusan Seleksi

(1) Panduan umum dan formula yang digunakan dalam penentuan dan penghitungan skor seleksi untuk tiap jalur seleksi ditetapkan oleh Keputusan Rektor.

(2) Penentuan kelulusan seleksi mahasiswa baru dari setiap jalur seleksi dibahas dan direkomendasikan oleh sidang kelulusan seleksi mahasiswa baru, yaitu berdasarkan panduan dan formula pada ayat (1) dan data hasil pelaksanaan seleksi yang disediakan oleh tim pelaksana seleksi.

(3) Rekomendasi sidang kelulusan sebagaimana pada ayat (2) dikukuhkan oleh Keputusan Rektor, kemudian dipergunakan sebagai dasar untuk mengumumkan hasil seleksi kepada para peserta seleksi.