Bab 8 Kebijakan Beasiswa

BAB VIII KEBIJAKAN BEASISWA
Pasal 52 Tujuan Beasiswa

(1) Beasiswa ditujukan untuk memberikan penghargaan atas prestasi akademik yang telah ditempuh dalam bentuk bantuan pembiayaan studi atau pembiayaan atas keterbatasan kemapuan dalam memberlangsungkan pendidikan; atau untuk tujuan keduanya.
(2) Beasiswa juga dapat ditujukan untuk program studi, yaitu dalam bentuk pembiayaan khusus untuk kegiatan program studi yang berbasis riset (research based education) atau proyek (project based education).

Pasal 53 Jenis-Jenis Beasiswa

(1) Berdasarkan asal sumber pendanaannya, beasiswa untuk mahasiswa adalah beasiswa internal dan eksternal perguruan tinggi.
(2) Beasiswa internal, sesuai aturan yang berlaku, terdiri dari:
a. Beasiswa Unggulan, untuk mahasiswa unggulan sejak menjadi mahasiswa baru,
b. Beasiswa The-best 3, untuk mahasiswa seleksi terbaik sejak menjadi mahasiswa baru,
c. Beasiswa Kemitraan Khusus, berdasarkan kerjasama Institusi dengan institusi mitra,
d. Beasiswa Pembebasan atau Pengurangan Biaya Pendidikan,
e. Beasiswa Program Pendidikan Berbasis Riset/Proyek,
f. Beasiswa Putra Pegawai,
g. dan lain-lain.
(3) Beasiswa eksternal, menurut asal sumber dana beasiswa, terdiri dari:
a. Beasiswa Pemerintah Pusat/Provinsi/Kota/Kabupaten/Asing,
b. Beasiswa Pemerintah Asing,
c. Beasiswa Perusahaan Nasional/Asing/Internasional,
d. Beasiswa Organisasi Nasional/Asing/Internasional,
e. Beasiswa Yayasan,
f. Beasiswa Dermawan Perorangan/Orangtua Asuh,
g. dan lain-lain.

Pasal 54 Bentuk-Bentuk Beasiswa

(1) Beasiswa dapat berbentuk pembebasan atau pengurangan biaya studi dari beasiswa internal perguruan tinggi.
(2) Dana tunai pembayaran studi, baik penuh maupun sebagian.

Pasal 55 Asas-Asas Pengelolaan Beasiswa

(1) Pengelolaan beasiswa di ITTelkom Surabaya harus dilaksanakan dengan memberlakukan Asas- Asas Good University Governance (GUG) dan dengan kelulusan seleksi dilakukan berdasarkan penilaian yang objektif murni terhadap terlampauinya kriteria yang ditetapkan.
(2) Dengan tetap memberlakukan Asas-Asas sebagaimana pada Ayat (1) dan tujuan beasiswa, seleksi beasiswa ITTelkom Surabaya memperhatikan peserta seleksi yang paling membutuhkan beasiswa tersebut, tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras, golongan, dan gender, sehingga juga memperhatikan keterwakilan gender dan provinsi asal peserta.
(3) ITTelkom Surabaya tidak mengupayakan penggalangan sumber dana beasiswa eksternal dari pihak-pihak yang secara langsung maupun tidak langsung terkait dengan produsen barang-barang seperti rokok, minuman keras, alat kontrasepsi, penerbitan media dewasa, dan lain-lain yang tidak memiliki kepatutan untuk dapat diperkaitkan dengan nilai-nilai pendidikan yang dipelihara di lingkungan kampus ITTelkom Surabaya.
(4) ITTelkom Surabaya tidak menerima sumber dana beasiswa eksternal, khususnya yang bersifat internasional/asing, apabila disertai dengan bentuk bentuk konsesi yang bertentangan dengan kepentingan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan/atau Institusi.
(5) ITTelkom Surabaya menerima sumber dana beasiswa eksternal, dengan teknis distribusi yang dilaksanakan melalui institusi ataupun langsung kepada penerima beasiswa oleh pemberi beasiswa dengan pencatatan yang didokumentasikan di Institusi.
(6) Teknis pembayaran beasiswa yang diberikan dalam bentuk uang tunai harus dilaksanakan melalui transfer ke rekening penerima beasiswa.