Bab 9 Penutup

BAB IX PENUTUP
Pasal 56 Penerapan Tatakelola Institusi dan Tatakelola Sistem Informasi Yang Baik

(1) Keseluruhan proses-proses penyelenggaraan Institusi yang diatur dalam Keputusan ini hendaknya dilaksanakan berlandaskan penerapan asas-asas tatakelola Institusi yang baik (Good University Governance), yaitu credibility, transparancy, accountability, responsibility, independent, dan fairness yang ditujukan kepada seluruh pemangku kepentingan Institusi.

(2) Untuk mendukung pelaksanaan kebijakan sebagaimana pada Ayat (1), keseluruhan prosesproses penyelenggaraan Institusi yang diatur dalam Keputusan ini hendaknya secara maksimal dapat didukung oleh tatakelola sistem informasi yang baik (Good IT Governance), yang senantiasa dilakukan perbaikan dan pengembangan dengan menggulirkan siklus PDCA (Plan-Do-Check-Action) yang terdokumentasi secara kokoh dan rapi dalam kerangka Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME).

(3) Isi dan substansi ilmiah yang dijalankan dan diselenggarakan pada seluruh proses dan kegiatan akademik, program Pendidikan, penelilitan dan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan atas nama ITTelkom Surabaya wajib menaati etika ilmiah dan kaidah publikasi ilmiah yang dianut dalam sistem etika ITTelkom Surabaya, regulasi nasional maupun kelaziman universal.

Pasal 57 Ketentuan Pemberlakuan dan Transisional

(1) Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkannya dan dapat ditinjau kembali apabila telah dipandang perlu untuk mengikuti perkembangan kebutuhan Institusi serta jika terjadi perubahan peraturan perundangan nasional yang perlu disesuaikan.

(2) Ketentuan tentang Standar Penilaian Pembelajaran, Harkat Indeks Nilai Mata Kuliah, Indeks Prestasi dan Kuota Beban Studi Semester sebagaimana pada Pasal 19 dan Pasal 20 mulai diberlakukan untuk penilaian perkuliahan Semester Ganjil Tahun Akademik 2018/2019.

(3) Untuk ketentuan-ketentuan tentang:
a. Predikat lulusan dan persyaratan khusus untuk lulus dengan predikat Dengan Pujian (Excellent/Cumlaude) sebagaimana pada pasal 20.
b. Kewajiban publikasi karya akhir sebagaimana pada pasal 26, dan
c. Kecakapan Bahasa asing untuk persyaratan kelulusan studi sebagaimana pasal 27,
d. Gelar akademik sebagaimana pasal 28.

(4) Ketentuan pembayaran Biaya Penyelenggaraan Pendidikan bagi mahasiswa yang telah melampaui masa studi normal sebagaiman pada pasal 33 ayat (4) dan (5).

(5) Ketentuan kewajiban pembayaran biaya status bagi mahasiswa yang melaksanakan cuti akademik sebagaimana pasal 40 ayat (8) dan ketentuan pembayaran bagi mahasiswa mangkir registrasi sebagaimana pada pasal 41 ayat (7) diberlakukan pada registrasi untuk tahun akademik terdekat setelah diberlakukannya keputusan ini dan untuk semester-semester selanjutnya. Untuk registrasi sebelum berlakunya ketentuan tersebut, maka diberlakukan ketentuan lama sebagaimana yang berlaku pada masing-masing fakultas.

(6) Hal-hal yang belum ditetapkan dalam Keputusan ini akan diatur melalui keputusan tersendiri.

(7) Hal-hal yang bertentangan dengan ketentuan yang telah ditetapkan dalam Keputusan ini dinyatakan tidak berlaku lagi.

Ditetapkan di : Surabaya
Pada tanggal : 18 September 2018

Institut Teknologi Telkom Surabaya

 

Dr. Ir. Dwi Sasongko Purnomo, M.M.
Rektor